dzul fikri arrahman. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 17 Desember 2012

Peringkat Windows Turun, Android Meningkat



altTidak diragukan lagi bahwa Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di muka bumi ini. Namun, seiring waktu dan perkembangan sistem operasi, Windows mengalami penurunan market share dari tahun ke tahun.
Sebuah laporan yang dirilis oleh Goldman Sachs dan dipublikasikan melalui The Seattle Times mengklaim, market share Windows telah anjlok dari 97% di tahun 2000 menjadi hanya sekitar 20% saja di tahun 2012, dihitung berdasarkan penjualan dari seluruh dunia.

Salah satu sebabnya karena dampak dari pertumbuhan perangkat mobile yang sangat menakjubkan. Di tahun ini memang pertumbuhan penjualan PC desktop menurun drastis dengan adanya smartphone dan tablet yang sedang naik daun. Microsoft sebagai penyumbang terbesar dalam menghadirkan sistem operasi bagi PC desktop jelas ikut kena imbasnya.
"Saat ini Microsoft sedang menghadapi perjuangan yang berat dalam meningkatkan market share yang direbut oleh tablet dan smartphone. Namun demikian, kami merasa optimistis Microsoft akan mampu meningkatkan market share-nya beberapa tahun ke depan mengingat perusahaan tersebut meluncurkan sistem operasi (Windows 8) serta perangkat tablet terbarunya (Surface) yang mendapat sambutan cukup positif," kata analis Goldman.
Saat ini, Android menjadi urutan pertama sistem operasi terpopuler dengan menguasai pasar sekitar 42%, diikuti Mac OS X dan iOS yang menduduki peringkat kedua dengan raihan sekitar 24%. Windows sendiri hanya menduduki urutan ketiga dengan perolehan market share 20%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
wassalamu alaikum wr. wb. | terimakasih telah berkunjung di blog saya dzul - fikri | arrahman, :)